Sabtu, 08 Oktober 2011

Bauran Promosi (Promotion Mix)

Bauran komunikasi pemasaran atau disebut juga bauran promosi terdiri dari empat perangkat utama :

• Iklan (advertising)
Setiap bentuk yang mendapat imbalan dari presentasi tidak langsung dan promosi ide-ide barang atau jasa oleh sponsor tertentu.

• Promosi Penjualan (sales promotion)
Insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian maupun penjualan suatu produk barang atau jasa.

• Hubungan Masyarakat (public relation)
Variasi program yang dirancang untuk memperbaiki, mempertahankan maupun melindungi citra perusahaan dari produk tertentu.

• Penjualan Personal (personal selling)
Presentasi lisan dalam pembicaraan dengan salah satu atau lebih calon pembeli untuk tujuan melakukan penjualan.

Referensi: Philip Kotler. 1993. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Inplementasi dan Pengendalian Hal 376

Tidak ada komentar:

Posting Komentar