Sabtu, 08 Oktober 2011

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Bauran pemasaran terdiri dari empat komponen utama: produk, tempat, harga, dan promosi. variabel-variabel bauran pemasaran sering kali dipandang sebagai variabel terkendali karena seorang manajer pemasaran dapat memutuskan tipe setiap komponen dan jumlah yang akan digunakan untuk meraih kepuasan konsumen. Jadi, promosi harus diseimbangkan dengan rancangan produk, metode ditribusi, dan harga untuk menciptakan bauran pemasaran menyeluruh yang akan dipertimbangkan para konsumen ketika mereka memilih sebuah produk.

• Produk
Produk adalah sebundel harga yang memenuhi harapan konsumen, sebagai contoh sebuah tiket penerbangan menjanjikan lebih dari sekedar transportasi, komponen-komponen lain seperti pelayanan didarat dan dalam penerbangan serta kedatangan tepat waktu, aman sampai tujuan adalah hal-hal yang diharapkan para konsumen. Mengiklankan ciri-ciri dan keuntungan-keuntungan ini akan membantu para konsumen memilih produk atau jasa yang cocok dengan kebutuhan mereka. Penentuan merek dan pengemasan adalah dua karakter penting sebuah produk.

• Tempat
Tempat juga disebut saluran distribusi. Sebuah saluran distribusi merujuk pada sekelompok individu dan organisasi yang mengarahkan aliran produk dari para produsen kepada konsumen. Kegiatan-kegiatan distribusi menyertakan pengelolaan pengangkutan dan penyimpanan produk, pemrosesan pesanan, dan pencatatan stok.


• Harga
Harga adalah nilai yang dipertukarkan dengan produk - produk dalam sebuah transaksi pemasaran. Sebuah harga produk harus mencakup seluruh biaya yang terlibat dalam produksi, distribusi dan promosinya, demikian pula perkiraan laba. Harga dapat mendukung citra sebuah produk, merebut penjualan dari para pesaing, atau mempengaruhi orang untuk merubah waktu pesanan mereka. Contoh pengecer memberi potongan bagi pembeli yang memesan AC selama musim dingin.

• Promosi
Promosi komunikasi pemasaran mencakup berbagai teknik yang digunakan untuk berkomunikasi dengan para konsumen dan calon potensial konsumen. Seiring dengan penjualan pribadi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat atau publisitas. Periklanan adalah satu dari empat elemen bauran promosi. Penjualan langsung adalah sebuah komunikasi bersifat personal dan komersil yang mencoba memberitahu dan membujuk para konsumen untuk membeli sebuah produk. Hubungan masyarakat adalah serangkaian kegiatan komunikasi yang dipergunakan untuk menciptakan dan memelihara hubungan menguntungkan diantara organisasi dan publiknya . Publik yang dimaksud termasuk para konsumen, karyawan, pihak yang berkepentingan dan masyarakat pada umumnya.

Referensi: Monle Lee & Carla Johnson,(2004:15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar